Lark and Prasetia at
Future of Work Summit 2024
June 27, 2024
Lark, sebuah aplikasi kolaborasi, terus berupaya memperluas jangkauan pasarnya. Pada acara Future of Work Summit di Kuningan City Ballroom, Jakarta, Kamis (27/6), bersama dengan Prasetia Dwidharma, Lark menghadirkan pembicara mereka, Ugo Raffini, Director of Strategic Partnerships at Bytedance, dan Hiro Mohinani, Regional Sales Manager at Lark dengan topik berjudul “Building A Digitally Connected HQ That Works And Enhances Your Productivity.”
Ugo Raffini menjelaskan bahwa sebuah perusahaan tidak hanya menciptakan produk untuk dunia, tetapi juga untuk tim internalnya. Sebagai contoh, Steve Jobs tidak hanya membuat inovasi, tetapi juga menciptakan ruang kerja yang mendukung kolaborasi dan inovasi seperti Apple Park.
​
Dalam paparannya, Ugo menyebutkan lima tantangan utama dalam menciptakan kolaborasi yang efektif: kolaborasi lintas wilayah dan zona waktu, respons cepat terhadap perubahan lingkungan eksternal, pemanfaatan karyawan dengan latar belakang beragam, optimasi produktivitas dalam kolaborasi, dan penilaian bakat secara objektif.
​
Ugo juga menekankan filosofi perusahaan yaitu "konteks bukan kontrol". Artinya, ini bukan tentang mengelola setiap tugas secara mikro, melainkan tentang membangun lingkungan di mana komunikasi berkembang, pemahaman semakin dalam, dan bimbingan memberdayakan.
​
Filosofi ini mencakup pendekatan yang berpusat pada tim, pemanfaatan wawasan kolektif, tindakan cepat dan berdampak, solusi terukur, kreativitas yang terlibat, serta pengambilan keputusan berdasarkan informasi. Dengan filosofi ini, perusahaan seperti Bytedance menggunakan alat seperti Lark untuk memastikan karyawan dapat membuat, menyampaikan, dan mengonsumsi informasi dengan efisien.
Dalam kesempatan ini, Hiro Mohinani, juga menambahkan bahwa Lark bukan sekadar perangkat lunak, tetapi visi untuk ruang kerja tanpa batas. Dengan lebih dari 150 negara, 75 bahasa, dan 1,9 miliar pengguna aktif bulanan, Lark membantu menciptakan pusat komando bisnis di mana setiap grup obrolan adalah pusat operasi, dokumen adalah rencana permainan waktu nyata, dan informasi menemukan penggunanya.
​
Di Bytedance, manajemen memastikan semua orang memiliki tujuan yang jelas dan memahami bagaimana cara menggunakan fitur OKR (Objectives and Key Results). Ini membantu eksekutif mendapatkan wawasan tentang pemecahan tujuan secara hirarki, memastikan tujuan tim selaras, dan menciptakan frontline yang kuat.
​
Banyak perusahaan yang menggunakan atau mempertimbangkan OKR, dan setelah bertahun-tahun mempraktikkan OKR. Bytedance telah mengubah konsep manajemen ini menjadi sebuah produk. Awalnya, Bytedance tidak memiliki alat apa pun, dan semua orang menulis OKR mereka di wiki. Namun, Bytedance segera menyadari bahwa tanpa alat yang tepat, OKR sulit diterapkan secara efektif. Rasanya seperti masing-masing dari Bytedance menulis cerita pendek sendiri, dan kurang jelas apakah tujuan organisasi didukung di setiap tingkatan.
​
Dengan pandangan penyelarasan OKR, para eksekutif dapat memperoleh wawasan tentang perincian hierarki tujuan mereka, memastikan bahwa tujuan tim selaras dan menciptakan kesatuan.
Orang-orang dapat melihat OKR di profil kerja dan bagaimana OKR berfungsi dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah di seluruh organisasi, sehingga memberikan kejelasan tentang peran mereka dalam mencapai kesuksesan organisasi.
​
Hiro juga menekankan pentingnya menjaga motivasi karyawan, baik yang berada di kantor pusat maupun di lapangan. Dengan teknologi seperti Lark, perusahaan dapat merayakan pencapaian secara digital dan memperkuat budaya organisasi.
Menurut Hiro, alat yang digunakan membentuk cara kita bekerja. Dengan memanfaatkan alat digital seperti Lark, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, mendorong kolaborasi, keterlibatan, dan inovasi.
Selain menjadi pembicara, Lark juga memberikan kesempatan kepada pengunjung acara Future of Work Summit untuk bertanya atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Lark di booth pameran mereka. Tim Lark dengan senang hati menjawab pertanyaan spesifik dari pengunjung, memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang cara kerja Lark dan manfaatnya bagi perusahaan mereka.
​
Selain itu, booth Lark dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada pengunjung tentang bagaimana aplikasi ini dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi di tempat kerja. Booth Lark menyediakan berbagai media edukasi, termasuk brosur, video tutorial, serta informasi tentang perusahaan-perusahaan yang telah sukses menggunakan Lark. Yang menarik, pengunjung booth juga bisa mendapatkan souvenir dari Lark dengan mengisi data-data pada formulir Lark melalui pemindaian barcode di meja dan memutar roda keberuntungan di laptop.